My Biodata: Kirana Ika Putri

Rabu, 24 Agustus 2016

Kota Asalku, Batam Tercinta

BATAM

Kota Batam adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kepulauan RiauIndonesia. Wilayah kota Batam terletak di Pulau Batam dan seluruh wilayahnya dikelilingi Selat Singapura dan Selat Malaka. Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan kota terbesar ketiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk. 


CIRI KHAS

Kota Batam termasuk salah satu kota yang strategis di Indonesia. Mengapa? karena letaknya yang dekat dengan negara-negara maju seperti Singapura, maka banyak pendatang ke Kota Batam untuk bekerjasama membangun industri dan juga datang untuk berlibur. 
Kota Batam juga dikenal sebagai kota Industri karena banyak WNA yang berasal dari Singapura, Jepang, bahkan Amerika yang membangun industrinya di kota ini. Salah satu daerah Industri yang terkenal adalah Batamindo Indsutrial Park. Tempat ini merupakan salah satu daerah Industri terbesar di Kota Batam. Contoh perusahaan-perusahaan yang ada di tempat ini adalah PT.Panasonic Indonesia, PT.PHILLPIS, dan lain-lain. 

Kalau saya sedang pergi ke kota lain, dan mereka menanyakan darimana asal saya. Ketika saya menjawab daerah asal saya adalah Batam ((meskipun saya keturunan Malang)), mereka langsung mengatakan kepada saya "oh batam, Hp disana murah!" atau "wah dari Batam ya, belanja di sana murah kan?!" Hm, itulah anggapan orang-orang dari kota lain ketika mendengar kata "Kota Batam" 
Yup, memang benar biasanya harga barang elektronik di Batam lebih murah daripada di kota lain.
Mengapa Demikian?
Karena Kota Batam merupakan kawasan perdagangan bebas (FTZ=Free Trade ZONE) sehingga barang yang didatangkan dari luar negri itu bebas pajak. Sehingga barang-barang tersebut murah 200rb-600rb lebih murah dibandingkan di kota lain. 
Ini adalah salah satu pusat penjualan barang elektronik seperti handphone,laptop,camera,dll yang termurah di Batam, yaitu Lucky Plaza.

Orang bilang, Kota Batam adalah "Surganya Belanja", 
Yup, hal ini bener banget. Mengaoa demikian?
Karena, barang belanja seperti tas,sepatu,parfum,dan lain sebagainya itu lengkap dan yang pastinya murah dari kota lain. dari Brand merek terkenal sampai yang biasa aja bisa kalian dapatkan di sini. dari barang yang Branded Asli sampai KW++ dapat kalian temukan. Ini adalah salah satu toko di daerah Nagoya, Kota Batam.
Dan, kalau kantong kita ga sesuai untuk beli barang Branded Asli, jangan khawatir. Kualitas barang Asli dan KW di batam hampir sama. bukan sama, tapi mendekati sama. Jadi mau tetep tampil gaya, tetep bisa!:)

MAKANAN KHAS



Batam juga terkenal dengan makanannya, apalagi kalo bukan seafood. Yup, seafood adalah makanan makanan laut. Di batam kalian dapat menemukan banyak penjual seafood. Tapi kalian bisa menemukan makanan seafood lengkap di Golden Prawn, restoran di daerah Bengkong, Piayu laut dan juga di Barelang Jembatan 4.

Selain seafood, ada juga makanan khas lainnya. Otak-otak, makanan yang berasal dari daging ikan dan rempah-rempah lainnya lalu di bakar. Rasanya yg khas membuat banyak orang menyukai makanan tersebut. Belum ke Batam kalo kamu belum makann seafood dan otak-otak!

TEMPAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Welcome to Batam



Welcome to Batam, adalah maskotnya Kota Batam. Orang bilang tampilannya seperti "HOLLYWOOD" di Los Angeles, Amerika Serikat. Kalau kamu ke Batam, wajib banget untuk ngunjungin maskotnya Batam ini. Kalian bisa foto-foto di sana, gratis! seakan-akan kamu sedang di Los Angeles kan?Hehe.

Barelang Bridge



Selain maskot "WELCOME TO BATAM", ada juga Jembatan Barelang. Iya ini juga salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Batam. Barelang adalah kepanjangan dari Batam, Rempang, dan Galang. Terkadang beberapa orang juga menyebutnya dengan "Jembatan Habibie" karena Habibie yang memprakasai pembangunan jembatan tersebut. 

Turi Beach



Banyak sekali pantai di Kota Batam seperti Mirota, Marina, Melayu, dan lain sebagainya. Tapi, yang paling terkenal adalah Turi Beach. Pantai ini termasuk salah satu Pantai terkenal di Batam. Di sini juga terdapat Resort, jadi bagi kalian yang butuh penginapan dengan pemandangan yang bagus, Turi Beach bisa jadi rekomendasi untuk kalian!:)



Okedeh sekian mengenai kota tempat saya dibesarkan, semoga kalian suka dengan sedikit penjelasanku. See ya!:)

1 komentar:

  1. Apa yang membuat Kota Batam menjadi kota yang strategis, terutama dalam konteks hubungannya dengan negara-negara maju seperti Singapura?
    Regard Telkom University

    BalasHapus